Spaticrypt : Platform Edukasi Kriptografi Berbasis Web dengan Konsep Gamifikasi Capture-the-Flag dan Integrasi Chatbot Kecerdasan Buatan sebagai Asisten Virtual

Authors

  • Muhammad Faturrohman Sugiyarto Badan Siber dan Sandi Negara
  • Ray Novita Yasa
  • Girinoto Girinoto Politeknik Siber dan Sandi Negara
  • Hermawan Setiawan Politeknik Siber dan Sandi Negara
  • Herlambang Rafli Wicaksono Badan Siber dan Sandi Negara

DOI:

https://doi.org/10.56706/ik.v19i1.120

Keywords:

Kriptografi, Capture the Flag, Design Research Methodology, Uji t Berpasangan, Cosine Similarity, Aplikasi Web, Platform Edukasi

Abstract

Kriptografi merupakan salah satu implementasi penting ilmu komputer dan matematika yang menjamin keamanan dan privasi data. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran kriptografi, diperlukan media edukasi yang efektif dan relevan. Aplikasi berbasis web menawarkan kemudahan akses dan penggunaan, serta dapat memberikan representasi autentik dari kasus dunia nyata. Penelitian ini mengusulkan sebuah platform pembelajaran kriptografi berbasis web yang disebut Spaticrypt , yang menggabungkan konsep gamifikasi Capture the Flag (CTF) dan integrasi chatbot berbasis Kecerdasan Buatan (AI) sebagai asisten virtual. Dengan menggunakan Design Research Methodology (DRM), Spaticrypt dirancang untuk membantu pengguna memahami dan mengimplementasikan algoritma kriptografi melalui tantangan interaktif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Spaticrypt secara signifikan meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengguna dalam kriptografi, dengan hasil uji T berpasangan menunjukkan yang lebih besar dari nilai  (selisih 3,09909874). Selain itu, chatbot terintegrasi memiliki akurasi 0,814, yang dianggap baik oleh uji Cosine Similarity. Ini berarti bahwa chatbot Spaticrypt dapat memberikan jawaban yang relevan terhadap pertanyaan pengguna yang terkait dengan aplikasi.

References

A. M. Gjergji dan EA Lamagna, “Perangkat berbasis web untuk menjelajahi kriptografi”, Jurnal Ilmu Komputer di Perguruan Tinggi, vol. 36, no. 8, hlm. 53–62, April 2021.

M. Azhari, DI Mulyana, FJ Perwitosari, dan F. Ali, “Implementasi Pengamanan Data pada Dokumen Menggunakan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES)”, Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, no.Vol.2 No.01 (2022): Artikel Riset Periode Februari 2022, hlm. 163–171, Maret 2022.

M. Syaifuddin, J. Hutagalung, dan G. Ganefri, “E-Learning Dalam Pengembangan Pembelajaran Kriptografi”, JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), jilid. 7, tidak. 2, hlm. 117–126, April 2021, doi: 10.33330/jurteksi.v 7i2.914.

C. Kefalis dan A. Drigas, “Aplikasi Berbasis Web dan Online dalam Pendidikan STEM”, Jurnal Internasional Pedagogi Teknik (IJEP), vol. 9, no. 4, hal. 76, Agustus 2019, doi: 10.3991/ijep.v9i4.10691.

J. Octavianus dan L. Hakim, “ Perancangan Web Edukasi Kriptografi Dasar”, Jurnal Algoritma, Logika dan Komputasi, vol. 6, tidak. 2, hlm.570–578, September 2023.

L. Singleton, R. Zhao, M. Song, dan H. Siy, “CryptoTutor”, dalam Prosiding Konferensi Tahunan ke-21 tentang Pendidikan Teknologi Informasi, New York, NY, AS: ACM, Oktober 2020, hlm. 403–408. doi: 10.1145/3368308.3415419.

S. Abdelhamid, S. Patterson, dan B. Patterson, “Meningkatkan Pendidikan Kriptografi Menggunakan Pemrograman Visual Kolaboratif”, dalam Masa Depan Pendidikan Edisi ke-12, 2022.

S. Aljraiwi, “Efektivitas Gamifikasi Pembelajaran Berbasis Web dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Pemikiran Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Internasional Pendidikan dan Praktik, vol. 7, no. 3, hlm. 242–257, 2019, doi: 10.18488/journal.61.2019.73.242.257.

ctftime, “CTF Events”. Diakses: 02 Agustus 2023. [Online]. Tersedia: https://ctftime.org/.

S. Karagiannis dan E. Magkos, “Mengadaptasi tantangan CTF ke dalam lingkungan pembelajaran keamanan siber virtual”, Informasi & Keamanan Komputer, vol. 29, no. 1, hlm. 105–132, Mei 2021, doi: 10.1108/ICS-04-2019-0050.

SV Cole, “Dampak Latihan Gaya Capture the Flag (CTF) vs. Latihan Tradisional dalam Kelas Keamanan Komputer Pengantar”, dalam Prosiding Konferensi ACM ke-27 tentang Inovasi dan Teknologi dalam Pendidikan Ilmu Komputer Vol. 1, New York, NY, AS: ACM, Juli 2022, hlm. 470–476. doi: 10.1145/3502718.3524806.

PA Tamayo, A. Herrero, J. Martín, C. Navarro, dan JM Tránchez, “Desain chatbot sebagai asisten pembelajaran jarak jauh“, Open Praxis, vol. 12, no. 1, hal. 145, Maret 2019, doi: 10.5944/openpraxis.12.1.1063.

DPP Villanueva dan I. Aguilar-Alonso, “Chatbot sebagai Sistem Pendukung Lembaga Pendidikan”, dalam Konferensi Ilmiah Internasional ke-62 tentang Teknologi Informasi dan Ilmu Manajemen Universitas Teknik Riga (ITMS) 2021, IEEE, Oktober 2021, hlm. doi: 10.1109/ITMS52826.2021.9615271.

J. Walden, N. Caporusso, dan L. Atnafu, “Chatbot untuk Mengajarkan Pemrograman Aman”, [Online]. Tersedia: https://iscap.info;https://proc.iscap.info.

JJ Sophia dan TP Jacob, “EDUBOT-A Chatbot untuk Pendidikan di Pandemi Covid-19 dan Perbandingan VQAbot”, dalam Konferensi Internasional Kedua 2021 tentang Elektronika dan Sistem Komunikasi Berkelanjutan (ICESC), IEEE, Agustus 2021, hlm. 1707–1714. doi: 10.1109/ICESC51422.2021.9532611.

HB Essel, D. Vlachopoulos, A. Tachie -Menson, EE Johnson, dan PK Baah, “Dampak asisten pengajar virtual (chatbot) terhadap pembelajaran siswa di pendidikan tinggi Ghana”, Jurnal Internasional Teknologi Pendidikan di Pendidikan Tinggi, vol. 19, no. 1, hal. 57, November 2022, doi: 10.1186/s41239-022-00362-6.

K. Rukun dan D. Irfan, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Komputer dan Jaringan Dasar”, 2020, doi: 10.32698/GCS-PSSHERS345.

NF N, S. Syarif, M. Ahmad, Budu, dan YS B, “Media pembelajaran berbasis web keterampilan menjahit ruptur perineum pada mahasiswa kebidanan”, Gac Sanit, vol. 35, hlm. S248–S250, Januari 2021, doi: 10.1016/j.gaceta.2021.07.017.

CM Chen, MC Li, dan TC Chen, “Sistem anotasi membaca kolaboratif berbasis web dengan mekanisme gamifikasi untuk meningkatkan kinerja membaca”, Comput Educ, vol. 144, Januari 2020, doi: 10.1016/j.compedu.2019.103697.

EM Jiménez-Hernández, H. Oktaba, F. Díaz-Barriga, dan M. Piattini, “Menggunakan perangkat lunak gamifikasi berbasis web untuk mempelajari penyederhanaan aljabar Boolean dalam pengaturan pembelajaran campuran”, Aplikasi Komputer dalam Pendidikan Teknik, vol. 28, no. 6, hlm. 1591–1611, November 2020, doi: 10.1002/cae.22335.

M. Shane, “Menerapkan Gamifikasi pada Sistem Perekrutan Berbasis Web menggunakan Kerangka Gamifikasi Marczewski: Tinjauan Umum”, Jurnal Internasional Tren Lanjutan dalam Ilmu Komputer dan Teknik, vol. 9, no. 3, hlm. 2667–2672, Juni 2020, doi: 10.30534/ ijatcse /2020/27932020.

Yusfrizal, “ Rancang Bangun Aplikasi Kriptografi pada Teks Menggunakan Metode Reverse Chiper dan RSA Berbasis Android”, Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 3, tidak. 2, hlm. 29–37, Juli 2019.

V. Švábenský, P. Čeleda, J. Vykopal, dan S. Brišáková, “Pengetahuan dan keterampilan keamanan siber yang diajarkan dalam menangkap tantangan Bendera”, Comput Aman, jilid. 102, hal. 102154, Maret 2021, doi: 10.1016/j.cose.2020.102154.

TE dan SIBUA Sultan, “Teknologi Open Source Untuk Lomba Keamanan Jaringan Berbasis CTF”, dalam Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI), 2021, hlm.215–218.

L. Smith, MM Chowdhury, dan S. Latif, “Peretasan Etis: Keterampilan untuk Melawan Ancaman Keamanan Siber”, hlm. 102–91. doi: 10.29007/vwww.

Buku Pegangan untuk CTFers. Singapura: Springer Nature Singapore, 2022. doi: 10.1007/978-981-19-0336-6.

AS Tulshan dan SN Dhage, “Survei asisten virtual: Asisten Google, Siri, Cortana, Alexa”, dalam Komunikasi dalam Ilmu Komputer dan Informasi, Springer Verlag, 2019, hlm. 190–201. doi: 10.1007/978-981-13-5758-9_17.

N. Carlini et al., “Mengekstraksi Data Pelatihan dari Model Bahasa Besar”, dalam Simposium Keamanan USENIX ke-30 (USENIX Security 21), Asosiasi USENIX, Agustus 2021, hlm. 2633–2650. [Online]. Tersedia: https://www.usenix.org/conference/usenixsecurity21/presentation/carlini-extracting.

R. Mao, G. Chen, X. Zhang, F. Guerin, dan E. Cambria, “GPTEval: Survei Penilaian ChatGPT dan GPT-4”, 2023.

S. Al-Saqqa, S. Sawalha, dan H. Abdelnabi, “Pengembangan perangkat lunak Agile: Metodologi dan tren”, Jurnal Internasional Teknologi Seluler Interaktif, vol. 14, no. 11, hlm. 246–270, 2020, doi: 10.3991/ ijim.v 14i11.13269.

LTM Blessing dan A. Chakrabarti, DRM, Metodologi Penelitian Desain. London: Springer London, 2009. doi: 10.1007/978-1-84882-587-1.

D. Hellhake, T. Schmid, dan S. Wagner, “Menggunakan kriteria cakupan berbasis aliran data untuk pengujian integrasi kotak hitam pada sistem perangkat lunak terdistribusi”, dalam Prosiding - Konferensi Internasional IEEE ke-12 tentang Pengujian, Verifikasi, dan Validasi Perangkat Lunak 2019, ICST 2019, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., April 2019, hlm. doi: 10.1109/ICST.2019.00051.

E. Suprapto, “User Acceptance Testing (UAT) Refreshment PBX Situs Outlet BNI Kanwil Padang”, Jurnal Sastra Sipil Unbari , vol. 6, no. 2, hal. 54, Oktober 2021, doi: 10.33087/ civronlit.v 6i2.85.

E. Rahmi, N. Ibrahim, dan D. Kusumawardani, “Pengembangan Modul Online Sistem Belajar Terbuka dan Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Program Studi Teknologi Pendidikan”, Visipena, vol.12, no.1, pp.44–66, Juni 2021, doi: 10.46244/visipena.v 12i1.1476.

Nuzul Hikmah, Dyah Ariyanti, dan Ferry Agus Pratama, “Implementasi Chatbot Sebagai Asisten Virtual di Universitas Panca Marga Probolinggo menggunakan Metode TF-IDF”, JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, vol. 4, tidak. 2, hlm. 133–148, Agustus 2022, doi: 10.35746/jtim.v4i2.225.

A. Lahitani, US Aesyi, N. Wulandari, dan BD Santosa, “Kesamaan Kosinus untuk Mengukur Tingkat Kesadaran pada Topik Keamanan Perangkat Lunak Berbasis Teks Komentar di Media Sosial Youtube”, Jurnal Sains dan Informatika, vol.8, no.2, Desember 2022, doi: 10.34128/jsi.v8i2.535.

F. Rahmat Halim dkk., “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengumuman Kelulusan Siswa Berbasis Web Menggunakan Metode Agile Perancangan Sistem Informasi Pengumuman Kelulusan Mahasiswa Berbasis Web Menggunakan Metode Agile”.

Downloads

Submitted

14-04-2025

Accepted

24-04-2025

Published

25-04-2025

Issue

Section

Articles